ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI KELURAHAN MALUMBI KECAMATAN KAMBERA KABUPATEN SUMBA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31949/agrivet.v10i1.2727Abstract
Adanya rantai pemasaran bawang merah yang panjang dan selisih harga ditingkat pelaku pemasaran menyebabkan para petani mendapatkan pendapatan yang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran usahatani bawang merah di Kelurahan Malumbi, Kecamatan Kambera,Kabupaten Sumba Timur. Sampel diambil sebanyak 45 petani dengan teknik simple random sampling. Untuk sampel pada saluran pemasaran dengan menggunakan metode snowball sampling maka teridentifikasi 5 orang pedagang pengumpul dan 6 orang pedagang pengecer yang terlibat dalam saluran pemasaran. Pola saluran pemasaran dibahas secara deskritif sedangkan margin dan efisiensi pemasaran dibahas secara kuanitatif dengan mengolah data dengan rumus perhitungan margin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 model saluran untuk bawang merah di Kelurahan Malumbi, yaitu Saluran pemasaran I: Petani – Konsumen; Saluran pemasaran II: Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen; Saluran pemasaran III: Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen. Margin saluran pemasaran I tidak ada, margin saluran pemasaran II sebesar Rp. 4.000/kg, saluran pemasaran III untuk total margin pemasaran dari pedagang pengumpul dan pedagang pengecer adalah Rp. 7.000/kg. Saluran pemasaran bawang merah di Kelurahan Malumbi, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur yang paling efesien yaitu saluran pemasaran III dengan nilai efisiensi sebesar 4,1%.
Keywords:
bawang merah, efisiensi, marjinDownloads
References
ALI, M. F., SITUMORANG, S., & MURNIATI, K. (2017). Analisis Efisiensi Pemasaran Kubis di Kecamatan Gising Kabupaten Tanggamus. JIIA-Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 5(3), 258–266. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v5i3.%25p
ARBI, M., THIRTAWATI, & JUNAIDI, Y. (2018). Analisis Saluran dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP), 11(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jsep.v11i1.7151
ARIKUNTO, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (VI). Jakarta: Rineka Cipta.
BADAN PUSAT STATISTIK, (BPS). (2020). Statistik Hortikultura 2020. Jakarta.
BPS PROVINSi NTT. (2021). Luas Panen dan Produksi Tanaman Sayuran Menurut Kabupaten/Kota NTT 20118-2020. Kupang. Retrieved from https://ntt.bps.go.id/subject/55/hortikultura.html#subjekViewTab3
DEWI, D. K., MAHARANI, E., & TETY, E. (2016). Analisis Pemasaran Karet Petani Eks UPP TCSDP di Desa Lubuk Sakai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Indonesian Journal of Agricultural (IJAE), 7(1), 56–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/ijae.7.1.56-68
DINAR, & MARINA, I. (2021). Analisis Efisiensi Pemasaran Pada Penangkar Tanaman Bibit Jeruk Limau (Citrus amblycarpa). Agrivet: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Dan Peternakan …, 9(1), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/agrivet.v9i1.1152
ISMI, N., & PRAMULYA, R. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Pala di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Pertanian Agros, 24(1), 263–274.
JUMIATI, E., DARWANTORO, D. H., HARTONO, S., & MASYHURI. (2013). Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Kelapa Dalam di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Agrifor, XII(1), 1–10.
KEMENTERIAN PERDAGANGAN, K. (2012). Profil Komoditas Bawang Merah. Jakarta. Retrieved from https://ews.kemendag.go.id/sp2kp-landing/assets/pdf/131212_ANL_UPK_BawangMerah.pdf
LEKATOMPESSY, D. C., TURUKAY, M., & PARERA, W. B. (2018). Analisis Pemasaran Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Di Dusun Taeno Negeri Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 5(3), 262. https://doi.org/10.30598/agrilan.v5i3.325
NURHAPSA, N., NUDDIN, A., SUHERMAN, S., & LISMAYANTI, L. (2018). Efisiensi Saluran Pemasaran Kopi Arabika di Kabupaten Enrekang. Prosiding Semnas 2018 Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 1(April), 230–234. Retrieved from https://jurnal.yapri.ac.id/index.php/semnassmipt/article/view/35
PURBIATI, T. (2012). Potensi Pengembangan Bawang Merah di Lahan Gambut. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 31(3), 113–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21082/jp3.v31n3.2012.p%25p
SOEKARTAWI. (2003). Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis CobbDouglas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
SUDIADNYANA, I. K. H. (2015). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditas Anggur di desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak Tahun 2014. Pendidikan Ekonomi Undiskha, 5(1), 2–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5210
SUHAENI, I. P. E. WIJAYA DAN L. NUR’AZKIYA, Z. (2018). Analisis Efisiensi Pemasaran Bawang Merah di Dataran Menengah Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 6(2), 114–122.
WIDYA, A., ANANDA, N., YUZRIL, R., MULYA, R., DIANTI, S. N., DINNIYAH, T., … ROZIQIN, M. K. (2018). Analisis Fungsi dan Saluran Pemasaran Komoditas Jeruk (Studi pada Petani Jeruk Desa Donowarih , Kecamatan Karangploso , Kabupaten Malang). Cakrawala Jurnal Litabng Kebijakan, 12(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32781/cakrawala.v12i1.261 Received
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elsa Christin Saragih, Junaedin Wadu, Febyningsi Rambu Ladu Mbana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Agrivet agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work