Nilai Ukhuwah Islamiah; Metode Penguatan Nilai Afektif dalam Pendidikan Islam Urgensi Sarah Hadits Arbai’n ke 35 An-Nawawi

Authors

  • Siti Sopiyah Fakultas Agama Islam
  • Laura Anisah Prihatin Universitas Majalengka
  • Noval Tri Zaenal Muttaqien Universitas Majalengka
  • Kasdar Al Ade Saputra Universitas Majalengka

Abstract

Artikel ini berujuan untuk mengetahui sarah hadis arbain ke-35 tentang ukhuwah isamiyyah penguatan relasi afektif dalam pendidikan agama islam. Hal ini dilatarbelakangi oleh suatu  kenyataan  bahwa perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi telah membawa dampak signifikan terhadap kebiasaan hidup dan tatanan budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepustakaan murni atau penelitian bebas digunakan dengan model kualitatif, yaitu penelitian yang mengacu pada referensi kepustakaan yang berhadapan langsung dengan berbagai jenis data yang sesuai dengan tema yang dibahas. Didapatkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu ukhuwah Islamiyyah memiliki peran krusial dalam menjaga hubungan antar sesama umat muslim di tengah perubahan zaman penguatan nilai afektif bagi siswa di sekolah, yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu degan menanamkan sikap empati, toleransi, dan perdamaian, sehingga menjadi kunci dalam membina ukhuwah Islamiyyah di tengah tantangan zaman.

Keywords:

Sarah Hadits ke-35, Ukhuwah Islamiyah , Pendidikan Agama, Nilai Afektif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 309
Downloads Count: 659

Published

2024-01-23

How to Cite

Siti Sopiyah, Laura Anisah Prihatin, Noval Tri Zaenal Muttaqien, & Al Ade Saputra, K. (2024). Nilai Ukhuwah Islamiah; Metode Penguatan Nilai Afektif dalam Pendidikan Islam Urgensi Sarah Hadits Arbai’n ke 35 An-Nawawi. Al-Akhbar: Jurnal Ilmiah Keislaman, 9(2), 101–106. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/aa/article/view/8013